Kejaksaan Tinggi dan Suku Anak Dalam

Kejaksaan Tinggi dan Suku Anak Dalam

Category: Berita

 

Hujan Lebat Mengiringi Perjalan Menuju Pemukiman SAD

Orik.org – Cuaca mendung pertanda bakal turun hujan saat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi, Andi Murwinah, SH. MH beserta rombongan bertolak dari Kabupaten Bungo menuju Kabupaten Tebo, sekitar pukul 10.45 Wib Kamis itu (11/10/2018).

Namun hal itu tak mengurungkan niat orang nomor satu di Adhyaksa Provinsi Jambi ini untuk mengunjungi warga Suku Anak Dalam (SAD) Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Tampak konvoi kendaraan yang dikawal pengamanan seadanya terus bergerak menuju lokasi yang dituju.

Sekitar menempuh dua jam perjalanan, konvoi kendaraan masih terlihat santai menempuh jalan aspal, meski masih dijumpai dibeberapa titik badan jalan rusak dan berlubang.

Kantor Camat Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, menjadi tempat persinggahan pertama. Usai makan siang, sholat dan istirahat sejenak, rombongan ini pun langsung melanjutkan perjalanan.

Melintasi Jalan Simpangniam, desa Lubuk Mandarsah, Kecamatan Tengah Ilir, sengaja dipilih karena kondosi jalanya masih layak tempuh meski kondisnya masih jalan berbatu.

Diiringi hujan gerimis, rombongan tiba di Pos Pengamanan PT WKS (Pos Kembar), dan langsung melanjutkan perjalan menempuh jalan koridor perusahaan. Hujan pun semakin lebat membuat lintasan jalan yang ditempuh sedikit ekstrem.

Sekitar 1 jam perjalan, rombongan tiba di pemukiman SAD Sungai Dahan, Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir. Karena diguyur hujan, rombongan terpaksa melanjutkan perjalan dengan berjalan kaki menuju balai pertemuan yang lokasinya di atas bukit.

Kedatangan rombongan Adhyaksa ini langsung disambut oleh Temenggung dan ratusan warga SAD. Tampak juga perangkat desa dan para pendamping SAD ikut menyambut kedatangan rombongan ini. “Alhamdulillah, akhirnya sampai juga dan bisa silaturrahmi kemari, “kata Kajati Jambi Andi Murwinah, SH. MH.

 

Serahkan Mobil Pintar

Suasana keakraban dan penuh kekeluargaan tampak menghiasi silaturrahmi rombongan Kejati Jambi di pemukiman warga SAD.

Rombongan Adhyaksa ini langsung berbaur dengan para temenggung dan ratusan warga SAD yang menang telah menanti kedatangan rombongan.

Silaturrahmi yang dikemas dengan sederhana ini, terlihat lebih bermakna saat Kajati Jambi Andi Murwinah, SH. MH menyerahkan Mobil Pintar atau mobil perpustakaan keliling kepada pendamping SAD.

Mobil yang nantinya digunakan untuk meningkatkan pendidikan bagi anak-anak SAD ini, diterima langsung oleh Ahmad Firdaus Ketua Yayasan Orang Rimbo Kito yang selama ini fokus melakukan pendamping terhadap SAD di Tebo-Jambi.

Dijelaskan Kajati, Mobil Pintar tersebut sengaja diberikan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan minat baca bagi anak-anak SAD di Provinsi Jambi.

Penyerahan Mobil Pintar ini disaksikan langsung oleh jajaran pejabat Kejati Jambi, Kajari Tebo, Kajari Bungo, Kacabjari Tembesi, Sekda Tebo, Kasat Pol PP Tebo, Pengurus Yayasan Orang Rimbo Kito, para temenggung dan ratusan warga SAD.

“Mobil Pintar atau mobil pustaka keliling ini bertujuan untuk memajukan anak-anak SAD di Jambi, khususnya di wilayah Kabupaten Tebo,” ujar Andi Murwinah, SH. MH.

Dikatakan Andi, dengan kelengkapan mobil pintar ini diharapkan bisa merangsang atau meningkatkan minat baca anak-anak SAD. “Kelengkapan mobil pintar ini ada buku, proyektor, DVD dan kelengkapan lainnya. Mudah-mudahan ini bisa menambah wawasan bagi anak-anak SAD,“kata Kajati.

Untuk buku, lanjut Ibu Kajati, pihaknya telah bekerjsama dengan Perpustakaan Provinsi Jambi dan Perpustakaan Nasional. Bahkan 2 kontainer untuk stok buku telah disiapkan. “Nanti tinggal tehniknya saja bagaimana buku tersebut bisa sampai kemari. Jadi setiap bulan nantinya buku di Mobil Pintar bisa diganti-ganti, “jelasnya. “Yang jelas kita ingin ikut mencerdaskan anak-anak SAD,”tutupnya.

Pengobatan Gratis Dan Pemberian Paket Bantuan

Selain silaturrahmi dan menyerahkan Mobil Pintar atau perpustakaan keliling, rombongan Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi yang dipimpin langsung oleh Kajati Jambi Andi Murwinah, SH. MH melakukan pengobatan gratis dan pemberian imunisasi kepada warga SAD.

 

Tidak itu saja, rombongan ini juga memberikan ratusan paket bantuan kepada warga SAD. “Pengobatan dan paket bantuan ini sengaja kita serahkan ssbagai bentuk perhatian kita terhadap keberadaan saudara kita disini, “kata Kajati Jambi Andi Murwinah, SH. MH.

Dijelaskannya, Mobil Pintar, Pengobatan Gratis dan penyerahan paket bantuan merupakan rakaian dari program Jaksa Masuk Rimba. “Kegiatan hari ini adalah rangkaian dari Program Jaksa Masuk Rimba yang sudah digagas setahun yang lalu. Program ini mendapat perhatian dari Kejagung, “kata Kajati.
Program Jaksa Masuk Rimba, lanjut Kajati, salah satu program unggulan Kejaksaan untuk memberi pelayanan hukum maupun penahanan hukum kepada Komunitas Adat Terpencil (KAT).
Tidak hanya sebatas itu, lanjut Kajati, agar program Jaksa Masuk Rimba ini terus berlanjut dan berkesinambungan, pihaknya melalui Kejari Tebo bekerjsama dengan pendamping SAD mendirikan yayasan yakni Yayasan Orang Rimbo Kito.
“Yayasan inilah yang menjadi perpanjangan tangan kami untuk memenuhi hak-hak dasar SAD. Baik itu pendidikan, kesehatan hingga hak dasar hukum, “ucapnya.
“Saya berharap kepada Pemkab Tebo agar bisa mensuport yayasan ini,”pintanya
Berharap Ada Anak SAD Jadi Jaksa

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi, Andi Murwinah, SH. MH ingin ada warga Suku Anak Dalam (SAD) di Provinsi Jambi jadi Jaksa. “SAD yang jadi Polisi sudah ada, yang jadi TNI juga sudah ada. Jadi saya ingin ada juga anak-anak SAD yang nantinya jadi Jaksa,”kata Kajati dihadapan puluhan Temenggung dan ratusan warga SAD.


Dikatakan Kajati, untuk bisa menjadi Jaksa harus cerdas. Agar warga SAD bisa cerdas, pihaknya telah menjalankan program Jaksa Masuk Rimba sejak satu tahun yang lalu. “Program Jaksa Masuk Rimba ini penuh kreasi dan inovatif. Program ini juga sudah mendapat perhatian dari Kejaksaan Angung (Kejagung),” kata Kajati meyakini.

Agar program Jaksa Masuk Rimba ini bisa berkesinambungan, Kajati telah menyediakan Mobil Pintar Kejaksaan Tinggi Jambi atau mobil perpustakaan keliling. Mobil tersebut telah diserahkan kepada Yayasan Orang Rimbo Kito yang kegunaannya untuk meningkatkan pendidikan bagi warga SAD.

Tidak hanya Mobil Pintar, Kejati Jambi juga telah mengandeng perpustakaan Provinsi Jambi dan Perpustakaan Nasional untuk ikut berkontribusi dan berpartisifasi bagi pendidikan SAD.

“Perpustakaan sudah menyediakan buku 2 kontainer untuk peningkatan pendidikan SAD. Buku ini nanti akan kita serahkan kepada Yayasan Orang Rimbo Kito untuk pendidikan SAD. Tinggal tehniknya saja seperti apa buku itu bisa sampai kesini dan dapat dimanfaatkan oleh warga SAD, “kata Kajati.
kepada pengurus Yayasan Orang Rimbo Kito, Kajati berharap bisa membuat program inovatif dan berkesinambungan. “Kita tidak tinggal diam. Nanti pada kegiatan yang lain kita akan kesini lagi, “kata dia. |™|

LEAVE A REPLY